#KatrokTraveler1

 

Selamat Pagi Katroktraveler..

Sebagai seorang traveler, seharusnya bukan soal alam aja yang harus banget di explore. masih banyak hal lain yang patut kalian explore. memang pemandangan alam seperti pengunungan, laut dan sebagainya mampu memanjakan jiwa yang sedang butuh ketenangan. namun, tidak ada salahnya apabila sekarang kalian mencoba untuk traveling ke tempat tempat yang dapat menambah ilmu pengetahuan. Selain menambah ilmu pengetahuan, tentunya kalian bisa mengeksplore apapun yang ada didaerah tersebut.

tempat pertama yang menjadi list #KatrokTraveler aku adalah Jepara. perjalanan ini didasari niat untuk belajar cara membuat biogas dari kotoran ternak. di sana, aku belajar biogas dengan bapak Lilik Setyo Wibowo, beliau adalah seorang pengusaha yang dulunya bekerja sebagai “pengasuh ayam” disebuah perusahaan ternak. sekarang, beliau sudah memiliki usahanya sendiri, ya walaupun masih dalam skala kecil, namun omsetnya udah fantastis. usaha yang digeluti bapak lilik adalah ternak puyuh. beliau memasarkannya ke beberapa daerah seperti simo, rembang dan lain-lain. bagi kalian yang sedang membutuhkan perlengkapan ternak puyuh bisa tinggalkan pesan dikolom komentar ya Hahahaha.

seiring berjalannya waktu, salah satu masalah yang dihadapi oleh para peternak adalah limbah kotoran. bau. bahkan bisa mengganggu masyarakat setempat apabila lokasinya berdekatan dengan kampung. namun, hal itu tidak menjadi masalah untuk bapak Lilik, beliau berhasil mengolah limbah kotoran ternak menjadi biogas yang mampu dimanfaatkan untuk masyarakat sekitar. proses pembuatan biogas tersebut menggunakan kotoran burung puyuh. bahan baku tersebut memiliki kelebihan dibandingkan dengan kotoran sapi maupun kambing. kelebihannya adalah biogas yang dihasilkan oleh kotoran puyuh lebih banyak dibandingkan kotoran hewan lainnya seperti kotoran sapi. namun kelemahannya adalah prosesnya untuk menghasilkan biogasnya lebih lama. biogas yang dihasilkan dapat dimanfaatkan menjadi Gas untuk memasak, Lampu dan pemanas air untuk mandi.

buat kalian yang mau belajar biogas, silahkan mampir ke rumah beliau. belajar biogas sangat penting untuk investasi dimasa depan kalian. kalian insyaAllah tidak akan repot repot beli gas LPG yang harganya makin kesini makin tinggi. untuk yang mau diskusi, silhkan tinggalkan pesan dikolom komentar. 🙂

20160820_090218
DVD Materi Biogaas

Selain belajar tentang biogas, tidak afdol rasanya bila berkunjung ke kota orang tanpa mecicipi kuliner khasnya. Ada yang tahu kuliner khas di Jepara yang sangat cocok untuk menu makan siang? Jika belum, berarti kalian termasuk #KatrokTraveler Hahahaha. Dijepara ada kuliner yang namanya Balungan. Seperti namanya, kuliner ini berbahan baku balung atau “tulang” dalam bahasa indonesia nya. Rasanya? Pedas, manis, dan asem. mantab sekali bung! kalin harus cobain. Harganya masih terjangkau banget. warung balungan hanya buka dari jam 09.00-12.00. jangan tanya pengunjungnya seberapa. membludaaak! Segera datang ke sana yaaa…

20160820_113448
Selamat menikmati #KatrokTraveler

Nah, menjelang sore hari, paling enak memang menikmati pemandangan yang bikin adem hati dan pikiran. Jepara adalah kota pesisir yang memiliki banyak pantai. kalian bisa pilih pantai apapun, tapi aku pilih pantai bandengan. karena kebetulan waktu itu sedang mengikuti salah satu agenda teman. Asli. menjelang sore, pemandangannya indah banget. kalau boleh milih, mau bangun rumah disana aja. biar tiap hari bisa melihat pemandangan yang waw.

20160820_171635
Sunset di Tanah Bandengan, Jepara. Hahahaha

Sekian perjalanan #KatrokTraveler1 di kota kartini, Jepara semoga bermanfaat informasi diatas. nantikan perjalanan aku yang selanjutnya yaa…

P.s terimakasih untuk mas Dewa yang mau nganterin keliling kota tempat tinggalmu. Hahaha

Penulis: dibyoagungprabowoblog

Will dedicated Life in Healthy (Food and Body) and Humanity. #SellingForCaring!

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s